4 Hal yang Hanya Bisa Dilakukan Anda agar Si Kecil Sehat & Cerdas

Setiap orang tua tentu ingin anaknya bisa tumbuh sehat dan cerdas. Optimalnya tumbuh kembang anak bergantung pada seberapa besar peran orang terdekat, terutama orang tuanya. Selain itu, memang ada hal-hal yang hanya bisa dilakukan oleh Anda sebagai orang tuanya agar si kecil bisa sehat dan menjadi anak yang cerdas. Apa saja? Berikut 4 di antaranya.

  1. Memberi Gizi yang Cukup

Peran inilah yang paling dominan dan hanya bisa dilakukan oleh orang tua. Cotohnya ASI eksklusif yang biasanya diberikan oleh ibu kandung sejak lahir. Beri gizi yang cukup, terutama kalsium, protein, dan zat gizi lainnya yang berpengaruh pada tumbuh kembangnya.

Meski misalnya Anda menyewa baby sitter, Anda tetap harus memahami apa saja yang dibutuhkan si kecil untuk pertumbuhan dan kecerdasannya. Bahkan, akan lebih baik jika Anda sendiri yang menyiapkan menu harian untuknya.

  1. Membangun Komunikasi Sejak Dini

Seperti yang sudah Anda ketahui, tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh makanan, lingkungan (stimulus), serta genetis (keturunan). Nah, untuk lingkungan ini, stimulus pertama didapat anak saat masih bayi adalah dari orang tua. Bahkan, tanpa media atau alat apapun, stimulus tetap bisa diberikan.

Contohnya, ajak anak Anda berkomunikasi dengan cara menceritakan berbagai hal. Memang terlihat seperti komunikasi satu arah, tapi sebenarnya si kecil mendengarkan dengan baik apa yang Anda katakan. Ocehan tanpa makna yang ke luar dari mulutnya pun merupakan bentuk respon sederhana yang bisa dilakukan si kecil untuk menimpali obrolan Anda.

  1. Mengarahkan Aktivitas Anak

Orang tua merupakan sosok pertama yang menjadi panutan anak. Sejak bayi, apapun yang Anda lakukan akan berusaha si kecil tiru sampai akhirnya dia mulai mampu melakukan berbagai aktivitas secara mandiri dan keputusan dari hasil pemikirannya sendiri. Tapi, Anda tetap perlu mengarahkan si kecil dalam melakukan berbagai aktivitasnya.

Beritahu benda apa saja yang boleh dan tidak boleh dimasukkannya ke dalam mulut (khusus usia batita). Untuk memberi penegasan, Anda bisa mengucapkan kata ‘jangan’ sambil membuat gerakan seperti menyilangkan tangan di depan dada. Kecerdasan anak akan terasah seiring pemahamannya akan sesuatu sudah mulai bertambah.

  1. Mencurahkan Kasih Sayang

Sudah menjadi fitrah orang tua untuk menyayangi anaknya. Kasih sayang yang Anda curahkan mempengaruhi kondisi psikologis dan emosionalnya. Anda dan pasangan sebagai orang tuanyalah orang pertama yang mampu memberikan kasih sayang secara tulus.

Nah, jika Anda sudah mengoptimalkan peran sebagai orang tua dengan melakukan 4 hal di atas, selanjutnya Anda bisa meminta bantuan orang luar agar terlibat dalam pengoptimalan tumbuh kembang anak Anda. Dua di antaranya adalah keluarga dan dokter karena sejatinya, anak Anda perlu bersosialisasi dan dipantau tumbuh kembang serta kesehatannya.

Comments are closed.